Soal Matematika: Operasi Hitung Bilangan

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamualaikum wr. wb.

Cukup menguras pikiran ketika saya membuat soal matematika yang akan saya posting berikut. Soal ini terdiri atas 25 butir soal tentang Operasi Hitung Bilangan yang saya sesuaikan dengan indikator KISI-KISI UJIAN SEKOLAH/MADRASAH PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH 2015/2016. Terdapat lima poin indikator dalam materi Operasi Hitung Bilangan:

  1.  Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
  2. Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
  3. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
  4. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
  5. Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat tentang energi

Dari kelima indikator di atas, saya sempat kebingungan dengan poin nomor 5 karena saya tidak begitu paham tentang penalaran dalam matematika dan tema tentang energi. Untuk mengatasi kebingungan, saya mencari sumber dan mendapatkan beberapa contoh penalaran matematika dan penjelasannya dari laman Balai Diklat Keagamaan Bandung. Kemudian, saya menyusun 3 soal berdasarkan contoh-contoh tersebut dan melengkapi 2 soal yang umum ditemui di LKS dan buku paket matematika. Tema energi yang saya gunakan dalam soal yang saya buat tidak jauh dari minyak tanah, bensin, dan LPG. Sebenarnya saya ingin mencoba membuat soal tentang pulsa listrik atau bioenergi dengan bumbu ilmiah, tapi saya malah bingung bagaiamana menyusunnya.

Bagi pembaca yang ingin mengunduh silakan klik link berikut.

Soal Matematika – Operasi Hitung Bilangan

Saya berharap para pembaca berkenan mengoreksi soal yang telah saya buat jika terdapat kesalahan, memberi kritik, saran dan masukan dengan berkomentar di kotak komentar di bawah.

Wassalamualaikum wr. wb.

One thought on “Soal Matematika: Operasi Hitung Bilangan

Leave a Reply

